slametan a’la smipa

Setiap Tahun Pendidikan selalu baru. Tak pernah ada yang sama. Formasi baru, teman baru, kakak baru, ruangan baru,  petualangan baru, kegiatan baru, menu2 hari belajar baru, SEMANGAT BARUU.. 🙂
Demikian pula dengan kegiatan slametan awal tahun pendidikan di Smipa. Tahun ini adalah Tahun Pendidikan ke-13 Smipa, kali ke-3 kita menyelenggarakan slametan di awal tahun ajaran.

Banyak sungguh yang dibutuhkan untuk berjalannya sebuah event
Banyak juga yang ingin ditarik untuk proses membangun sebuah komunitas. Namun dengan kesediaan yang besar dari semua jajaran, pada akhirnya terwujud sebuah kegiatan yang apik dan epik pula, representasi kesungguhan semua yang terlibat untuk ‘Menjaga Bumi Indonesia’.

Kegiatan ini sederhana namun kompleks. Khas Smipa banget.. Dalam arti, tidak ada acara hingar bingar, dekorasi bling-bling, atau bintang tamu glamour yang bertujuan menghibur peserta. Jauh dari itu, bahkan berkebalikan, peserta yang mendaftar perlu bersiap untuk ikut riweuh, ikut terlibat, ikut menjadi penggerak dalam bentuk kesadaran. Bentuk kesadaran inipun sungguh bebas, tanpa keharusan atau tuntutan tertentu. Istilahnya dari mulai menyumbang ide atau menyebar semangat, membawa kerupuk atau ga bisa bawa apa-apa, semua ok, sesuai kemampuan masing-masing.

Ternyata disitulah kunci dari hidupnya kegiatan ini. Kegiatan tidak hanya bergantung pada konsep dan perencanaan, koordinasi tingkat tinggi, dan persiapan teknis yang sudah semakin dikuasai handal tim Smipa. Namun juga kesediaan dan wujud nyata keterlibatan orangtua di berbagai level. Acung jempol kami untuk kakak-kakak yang menjalankan tugas dengan sungguh dan bersemangat di semua pos. Juga untuk orangtua yang sudah menempatkan diri sebagai bagian dari keluarga besar Smipa, mengambil peran lebih dan terlibat dengan sungguh. Dari situlah kegiatan seru berjalan, karya besar tercipta, momen magis terasa..

kolase slametan

Buah dari gagasan dan semangat yang terus berubah; bertumbuh dan kian rindang. Buah dari kesediaan, kesungguhan dan keterlibatan yang juga semakin cair dan meresap. Ahh.. disitu perangah kagum, linang haru, bungah syukur, buncah bangga, teraduk jadi satu. Tak banyak bisa terucap hanya bisa terasa.

Hatur nuhun sadaya..

 

Iklan

One thought on “slametan a’la smipa

  1. Ping balik: catatan reflektif Selametan Smipa TP13 – catatan harian semi palar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s