kekeuhnya… [part 2]

Pagi sebelum berangkat sekolah dia ga lupa tanya, “Ma, jadi tugas aku hari ini apa?”

“Hari ini Obi ganti sepre ya, di kamar Obi dan kamar mama”

“Tapi kalo susah boleh minta tolong Aa ya ma?” Hehe antisipatif dia.. emang ga gampang lah tugas itu..

“Boleh, kalo ada yang susah minta tolong, tapi jangan jadi Aa yang ngerjain ya.”

Sore, ketika sampai rumah hari itu, Obi menyambut aku di garasi, lalu dengan bangga dia menarik aku ke kamarnya untuk memperlihatkan hasil kerjanya.

“Wah hebat, rapi… ini Obi atau Aa?” [ga percaya nih si mama teh ]

“Aku…, Aa cuma bantu turunin kasur aja”

“O iya? Sip deh.. well done!”

“Jadi aku dapet berapa ma?” Wakakak… semangat sih semangat… kalo gini sih terlalu semangat atuh bi

“Ntar ya bi, aku itung-itung, pantesnya berapa ya?” [*seolah-olah mikir*]

“hmm ya udah, besok aku ngapain?” Nah ini semangat bagus..

“Besok Obi cuci sepeda n sepatu ya”

Ternyata konsisten dia… tiap hari tanya tugas, dan mengerjakan dengan baik, sesuai kemampuan seriusnya anak 9 taun tentunya.

Bahkan waktu om nya tahu tentang proyek ‘Sepatu Bola Obi’ ini, Obi ditawari untuk mencuci sepeda atau motor si om, jadilah dia kasak kusuk bikin janji.

Sampai kira-kira seminggu dia mulai resah lagi, ‘Ma uang aku udah berapa?’ Aku ajak dia mencatat setiap tugas yang sudah dilakukan dan menghitung sendiri pendapatannya. Ternyata dia tau persis berapa yang dia butuhkan dan kekurangan yang mesti dia kumpulkan. Seru deh..

Hitung punya hitung, di hari terakhir itu kurangnya tinggal sekitar Rp 20.000,-

Hari itu hari minggu, tak habis akal dia bilang sama ayahnya, “Pa, uang aku udah hampir cukup untuk beli sepatu bola. Aku bisa beli hari ini kalo ditambah uang saku yang hari senin.” Wakakak… kas-bon dia, dia memang dapet uang saku setiap awal minggu sih…

“Ntar Obi ga bisa jajan loh.”

Gapapa kan ada bekel.”

Tinggalkan Balasan

